Panduan Singkat Cara Beli Rumah dengan Pinjaman Bank

Kebutuhan rumah dari tahun ke tahun semakin meningkat. Namun, di sisi lain lahan yang tersedia terkadang tidaklah sebanding dan membuat harganya melambung tinggi. Akan tetapi hal ini tidak menghalangi sebagian orang untuk memiliki hunian terbaik. Salah satu caranya adalah melalui cara beli rumah dengan pinjaman bank melalui produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Berbicara mengenai pinjaman tersebut, ada panduan dan cara singkat yang perlu Anda perhatikan dalam ulasan kali ini. Apa sajakah?

Menggunakan pinjaman KPR

Cara beli rumah dengan pinjaman bank yang pertama bisa Anda peroleh dengan menggunakan layanan KPR. Cara seperti ini paling banyak dilakukan oleh masyarakat, khususnya di daerah perkotaan dalam mendapatkan hunian idaman dengan cara mudah, aman dan nyaman. Berikut beberapa cara dan panduan jika Anda membeli rumah dengan pinjaman memakai KPR.

  • Perhatikan tipe rumahnya

Langkah awal ketika Anda memilih KPR, sebaiknya perhatikan tipe rumahnya terlebih dahulu. Mengingat, tidak semua tipe bisa dibeli menggunakan KPR. Biasanya, KPR ini akan diberikan untuk rumah dalam tipe cluster. Selain itu, diberikan di kawasan yang penduduknya belum begitu padat. Keunggulan jika memilih cara ini adalah ada beragam cluster yang ditawarkan pihak pengembang. Termasuk pula rumah yang lengkap dengan fasilitas terbaik. Mulai dari bahan material yang digunakan, aksesnya yang mudah serta pelayanan publik yang terpadu. Sehingga dapat memudahkan Anda dalam beraktivitas.

  • Besaran biaya yang dibutuhkan

Cara beli rumah dengan pinjaman bank melalui KPR juga mudah dalam hal pembiayaan. Anda pun cukup membayar uang muka atau down payment (DP) yang cukup ringan. Misalnya saja sekitar 20-30 persen dari nilai rumah. Bahkan beberapa pengembang terkemuka seperti Ciputra semisalnya, memberikan DP terbaik kepada pembeli dengan uang muka hanya 5% saja. Untuk proses surat kepemilikan rumah ini nantinya akan diberikan pada nasabah ketika cicilan rumah tersebut lunas.

  • Suku bunga dan masa cicilan

Anda juga penting memperhatikan suku bunganya ketika memilih cara beli rumah dengan pinjaman bank lewat KPR. Ada empat tipe bunga yang bisa dipilih mulai suku bunga efektif, flat, anuitas, dan floating. Untuk itu perlu Anda pikirkan matang-matang mana yang sesuai dengan kemampuan dengan pihak bank. Kemudian, pastikan pula cicilannya juga sesuai dengan kemampuan. KPR ini memiliki cicilan mulai dari 10 tahun hingga 20 tahun. Anda bisa menanyakannya kepada pihak bank terkait dokumen apa saja yang diperlukan dan mengenai masalah cicilan agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Memilih pinjaman Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Berikutnya, cara membeli rumah dengan pinjaman di bank kedua bisa melalui Kredit Tanpa Agunan (KTA). Sama halnya dengan KPR, dalam menggunakan KTA ini ada beberapa panduan penting yang patut Anda simak sebelum memutuskan mengajukan pinjamannya di bank. Setidaknya langkah pentingnya di bawah ini.

  • Tipe rumah yang akan dibeli

Tidak seperti KPR yang ditawarkan dalam tipe rumah cluster, setidaknya dengan cara membeli rumah dengan pinjaman bank berupa KTA Anda bebas menentukan sendiri. Baik itu berupa desain maupun bentuk rumah. Anda lebih bebas dalam memilih mana material bangunan yang akan digunakan. Jadi, Anda bisa menentukan sendiri mana yang lebih berkualitas. Akan tetapi, biaya awal yang dibutuhkan jelas lebih besar.

  • Pengajuan

Lalu bagaimana pengajuan cara membeli rumah dengan pinjaman bank berupa KTA?  Anda harus mendatangi pihak bank dan menanyakan dokumen apa saja yang diperlukan. Mulai dari identitas diri hingga data mengenai pekerjaan Anda. Keunggulan dari cara ini adalah, proses pengajuannya tidaklah lama dan hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 minggu. Kemudian, untuk suku bunganya sendiri pada pinjaman KTA ada dua jenis yakni suku bunga efektif dan jenis bunga flat atau datar.

Itulah cara membeli rumah dengan pinjaman bank yang bisa Anda dapatkan. Untuk hunian terbaik dengan menggunakan skema KPR, Anda bisa memilih cluster Canggu di Citra Maja Raya. Dengan berbagai fasilitas terbaik, Anda hanya cukup membayar DP 5% dari nilai rumah untuk dapat memilikinya. Cukup mudah bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan informasi lengkap mengenai perumahan modern di Citra Maja Raya melalui kantor pemasaran di Jalan Citra Maja Raya Boulevard Blok C.02/ No.1 Sektor 1.1 atau hubungi telepon bebas pulsa di nomor 0800-1552-888.