4 Trik Desain Rumah Sederhana Agar Terlihat Lebih Luas

Rumah impian tidak selamanya harus besar maupun terlihat mewah. Selama Anda merasa nyaman, tinggal di rumah sederhana pun pasti juga sama-sama membuat bahagia. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa rumah sederhana biasanya memiliki ukuran yang cenderung terbatas. Kabar baiknya, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk merancang desain rumah sederhana agar terlihat lebih luas. Ini dia beberapa di antaranya yang dapat Anda terapkan!

Menata perabotan secara paralel

desain rumah sederhana

Mengingat ukuran rumah yang cenderung terbatas, sebaiknya Anda tidak memasang terlalu banyak sekat atau partisi untuk membatasi ruangan. Sebaliknya, mengapa tidak Anda biarkan saja ruangan-ruangan tersebut terintegrasi jadi satu? Tentu desain rumah sederhana akan terlihat lebih luas dan lapang, bukan?

Misalnya, Anda bisa menggabungkan ruang makan dan ruang keluarga. Nah, kuncinya terletak pada peletakkan perabotan. Pastikan Anda menatanya secara paralel atau berada dalam satu garis yang sama. Katakanlah Anda memiliki meja makan dan sofa ruang keluarga yang bentuknya sama-sama persegi panjang. Anda bisa menatanya sejara memanjang dan sejajar dengan mengikuti arah sinar matahari. Tips satu ini sangat cocok bagi yang memiliki ruangan cenderung sempit namun memanjang.

Perhatikan kohesifitas

desain rumah sederhana

Kohesif bisa juga diartikan sebagai saling melengkapi. Pastikan Anda menerapkan konsep ini saat merancang desain rumah agar tampak lebih luas. Kohesifitas tidak hanya menyangkut warna, tapi juga perabotan-perabotan yang Anda pilih. Itulah mengapa sejak awal sebaiknya Anda menentukan tema desain rumah sederhana Anda. Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk menciptakan kesinambungan yang maksimal.

Sebagai contoh, Anda ingin mendesain rumah dengan dinding yang menggunakan warna putih. Tujuannya agar desain rumah sederhana terlihat lebih bersih dan terang. Agar efeknya maksimal, Anda juga bisa meletakkan perabotan seperti rak dan kursi warna putih. Namun, agar tidak terkesan monoton, tambahkan bantal kursi dengan palette warna tertentu. Samakan warna ini pada karpet di bawah kursi untuk menciptakan kohesifitas.

Buat plafon rumah yang tinggi

desain rumah sederhana

Desain rumah sederhana tidak hanya tentang estetika, tapi juga fungsionalitas. Plafon yang tinggi akan membuat rumah Anda terlihat lebih luas karena memberikan ilusi tinggi. Tidak hanya itu, plafon rumah yang tinggi juga memungkinkan sirkulasi udara berjalan lebih lancar sehingga memberikan atmosfer yang lebih sejuk di dalam rumah.

Jadi, akan lebih baik jika sejak awal Anda membeli rumah yang sudah dibangun dengan plafon tinggi daripada harus merenovasinya lagi. Tidak perlu bingung, Anda bisa mendapatkan unit rumah seperti ini di Citra Maja Raya, kawasan perumahan terintegrasi yang memadukan konsep natural dan modern. Rumah-rumah di Citra Maja Raya di didesain secara minimalis.

Memasang jendela dan tirai besar

desain rumah sederhana

Apabila memungkinkan, Anda bisa memasang jendela besar untuk desain rumah sederhana Anda. Adanya jendela besar dapat menambah kesan luas pada ruangan rumah. Tidak hanya itu, rumah juga jadi terlihat lebih terang terkena pancaran sinar matahari. Dengan kata lain, saat pagi sampai sore hari, Anda pun tidak perlu menyalakan lampu sehingga bisa hemat listrik.

Untuk menambah estetika, pasangkan juga tirai dan gorden yang besar dan tinggi. Cara ini bisa membuat langit-langit rumah Anda terlihat lebih tinggi. Desain rumah sederhana Anda pun jadi terkesan lebih luas dan lapang.

Siapa bilang rumah dengan desain sederhana tidak bisa menciptakan kenyamanan hunian? Berbagai trik di atas bisa Anda terapkan untuk merancang desain rumah sederhana agar terlihat lebih luas. Selamat mencoba!