Cara Beli Rumah dengan Pinjaman Bank yang Bisa Anda Coba

Tidak terasa semakin tahun, kebutuhan masyarakat berupa rumah tinggal semakin meningkat. Di sisi lain, lahan untuk membangun rumah pun semakin sempit. Ditambah lagi, harga tanah per meter di kota pun sudah setinggi langit. Inilah alasan mengapa membeli rumah di perumahan cluster menjadi pilihan yang tepat. Di samping rumah didesain cantik, fasilitas dan keamanannya pun terjamin.

Meski perumahan cluster kini sudah banyak yang terjangkau, namun tidak semua orang siap secara finansial dalam membeli rumah. Tenang, Anda bisa tetap membeli rumah dengan cara meminjam dari bank. Apa saja pinjaman dari bank untuk bisa membeli rumah? Simak cara-caranya!

Cara beli rumah dengan pinjaman bank lewat KPR

Meminjam lewat bank untuk membeli rumah secara resmi disebut dengan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR. Untuk jaminannya sendiri adalah rumah yang akan kita beli. Namun, jika Anda berencana untuk pindah rumah dan mengajukan KPR, maka KPR yang diambil adalah KPR Multiguna dengan jaminan rumah sebelumnya.

Metode KPR sendiri memang mempermudah Anda dalam mencicil rumah. Awalnya, Anda akan diminta membayar DP dengan jumlah yang sudah ditentukan. Lalu, pembayaran cicilan akan disepakati selama beberapa tahun. Catat, semakin besar DP, maka semakin kecil dan singkat pelunasan KPR itu sendiri.

Meski KPR dipakai sebagai cara beli rumah dengan pinjaman bank yang paling umum,, pinjaman bank lewat KPR ini juga memiliki sisi negatifnya. Pertama, Anda harus siap rumah disita bank jika Anda tak bisa membayar cicilan KPR. Sisi lainnya, harga rumah yang dibayar dengan cara dicicil biasanya lebih mahal dibandingkan harga biasanya. Hal ini dikarenakan bunga yang harus dibayar setiap pembayaran cicilan bulanan.

Untuk mendapatkan rumah cluster terbaik dengan KPR, Anda bisa memilih Cluster Canggu di Citra Maja Raya dari Ciputra Group. Dengan fasilitas terbaik, lokasi strategis, dan hunian ekslusif, Anda hanya cukup membayar DP 5% dari nilai rumah untuk memilikinya. 

Selain itu, terdapat pula penawaran menarik berupa Cluster Champa dengan harga Rp 168 Juta (All In) sudah termasuk PPN, BPHTB, dan AJB. Anda juga dipermudah memiliki rumah di Cluster Champa dengan cicilan 1 Juta/bulan. Untuk info selengkapnya, kunjungi website Citra Maja Raya.

Cara beli rumah dengan pinjaman bank lewat KTA

Selain KPR, ada juga Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Jika jaminan KPR adalah rumah yang akan dibeli, KTA tidak mengharuskan adanya aset sebagai jaminan. Meski tanpa jaminan, keputusan pemberian kredit berdasarkan riwayat pribadi dari pemohon kredit. Hal ini bukan berarti Anda memiliki kuasa secara penuh. Anda tetap terikat dengan hukum untuk membayar kembali pinjaman yang sudah disepakati. 

Bila KPR lebih banyak digunakan untuk membeli tipe rumah cluster, pinjaman KTA bebas menentukan sendiri material dan desain rumah sendiri. Anda berhak memilih menentukan bahan-bahan yang lebih berkualitas untuk rumah Anda. Namun, biaya awalnya jelas lebih besar.

Untuk menggunakan cara beli rumah dengan pinjaman bank berjenis KTA, Anda harus mendatangi pihak bank untuk menanyakan dokumen yang diperlukan. Keunggulan dari KTA sendiri tidak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 1-2 minggu saja. Suku bunganya sendiri juga suku bunga efektif dan jenis bunga flat atau datar.

Cara beli rumah dengan alternatif lewat BPJS dan Pegadaian

Selain cara beli rumah dengan pinjaman bank, Anda masih bisa membeli rumah lewat jalur alternatif berupa BPJS dan Pegadaian. Jika Anda ingin menempuh jalur BPJS, tersedia fasilitas bernama Pemberian Uang Muka Perumahan (PUMP). Anda bisa mengajukan sesuai dengan penghasilan yang didapat. Selain itu, adan program BPJS Ketenagakerjaan yang memberikan keleluasaan untuk mengambil kredit rumah.

Bila Anda ingin meminjam lewat pegadaian, Anda harus menyiapkan barang yang digadaikan untuk mendapatkan pinjaman. Prosesnya juga cepat, sehari saja sudah dapat pinjaman. Namun, untuk meminjam di pegadaian, ada batasan besaran dengan maksimal senilai ratusan juta saja. Itu artinya, Anda hanya bisa melakukan pinjaman untuk DP atau renovasi saja.

Itulah cara-cara beli rumah dengan pinjaman bank. Apapun yang Anda pilih, selalu ingat kemampuan Anda dalam melunasi pinjaman tersebut. Tetap semangat dan selalu yakin untuk mendapatkan rumah impian Anda.