Agar Beli Rumah Cepat Terwujud, Ikuti 7 Tips Menabung Ini

Anda sedang menabung untuk beli rumah? Tentu bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan. Meski memiliki gaji sebatas UMR, Anda tetap bisa membeli rumah impian dalam waktu yang relatif lebih cepat. Bagaimana caranya? Simak tips-tips menabung berikut ini agar beli rumah terasa lebih mudah.

Buat rencana keuangan secara detail

Sering kali gaji bulanan yang diterima hanya sekadar mampir di rekening dan habis hanya dalam waktu singkat. Namun, hal ini tidak lagi terjadi ketika Anda memiliki rencana keuangan yang jelas. Untuk itu, pastikan Anda telah menuliskan rencana keuangan dalam jangka tertentu secara detail agar tetap fokus dan bersungguh-sungguh untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga efektif mencegah Anda menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak benar-benar dibutuhkan.

Miliki dua rekening berbeda

Agar beli rumah cepat terwujud, jangan ragu untuk memiliki dua rekening berbeda. Satu rekening ditujukan untuk menerima gaji dan keperluan sehari-hari, sementara satu lagi rekening khusus untuk menabung. Dengan begitu, uang tabungan tidak terganggu dengan kebutuhan dan keinginan yang bermacam-macam. Jangan lupa, selalu sisihkan uang tabungan sesegera mungkin setelah menerima gaji!

Tentukan target tabungan yang tepat

Setelah Anda sudah terbiasa menabung secara rutin, sekarang saatnya untuk menentukan target tabungan yang tepat agar bisa beli rumah dengan cepat. Mulai dengan target harian, mingguan, hingga bulanan. Cara ini akan memudahkan Anda mengontrol dan mengelola keuangan pribadi. Tenang, Anda tak perlu menetapkan target dalam jumlah besar sekaligus. Sedikit-sedikit asal dilakukan secara rutin dan disiplin juga tentu akan membuahkan hasil maksimal.

Mulai belajar berinvestasi

Siapa bilang Anda tidak bisa berinvestasi dengan modal minim? Beberapa instrumen investasi bisa Anda miliki dengan biaya terjangkau, seperti emas, deposito, maupun reksa dana. Ketiga instrumen investasi ini cocok bagi pemula seperti Anda karena minim risiko dan cukup terjangkau. Menabung dalam instrumen investasi dapat dijadikan pertimbangan, terutama jika Anda berencana mengumpulkan sejumlah dana untuk beli rumah.

Hindari utang

Untuk bisa lebih berfokus dalam menabung, pastikan Anda terbebas dari urusan piutang termasuk utang transaksi kartu kredit. Tanpa utang, proses menabung jauh lebih mudah dilakukan. Anda pun tak perlu khawatir dan tertekan karena harus melunasi utang dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, jika Anda memiliki catatan kredit yang bersih, maka pengajuan KPR lebih mudah disetujui oleh pihak bank.

Terapkan pola hidup hemat

Nah, poin terpenting agar Anda bisa cepat beli rumah adalah dengan menerapkan pola hidup hemat. Meski terlihat mudah, ternyata tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Hidup hemat bisa dimulai dengan hal-hal sederhana, seperti membawa bekal makan dan minum dari rumah. Selain lebih hemat, makanan dan minuman yang dibawa dari rumah juga tentu lebih higienis dan menyehatkan daripada yang dijual di tempat-tempat makan umum, bukan?

Bersikap disiplin dan memegang teguh komitmen yang dibuat

Anda yang ingin beli rumah dengan cepat tentu wajib menjaga kedisiplinan dan komitmen yang telah dibuat. Mengingat harga rumah yang terus mengalami peningkatan, maka mulailah menabung sekarang juga. Jangan ragu untuk meminta dukungan dari anggota keluarga yang lain sehingga Anda lebih semangat dalam menabung.

Dengan komitmen kuat untuk menerapkan berbagai tips di atas, memiliki rumah idaman sama sekali tak mustahil dilakukan. Apalagi sekarang Anda bisa membeli rumah mulai dari harga Rp100 jutaan seperti Citra Maja Raya. Salah satu produk hunian yang ditawarkan oleh Ciputra Group ini adalah cluster terbaru yang dipasarkan dengan harga 171 Juta Rupiah, sudah termasuk PPN dan biaya surat AJB BPHTB.

beli rumah murah di Tangerang Citra Maja Raya

Dengan harga segitu, Anda sudah bisa mendapatkan satu unit rumah di Citra Maja Raya yang didukung oleh ragam fasilitas menarik seperti sekolah, area komersial, perkantoran, hingga tempat rekreasi seperti Water World Water Park dan pusat gaya hidup EcoPlaza.

Selain itu, Citra Maja Raya juga terletak di kawasan yang strategis, dekat dengan Stasiun Maja yang menjadi simpul transportasi commuter line. Dengan kata lain, mobilitas penghuni Citra Maja Raya pun akan terjamin, saat ini juga sudah tersedia shuttle Trans Citra Maja Raya yang menghubungkan antar cluster dalam kawasan Citra Maja Raya hingga ke stasiun Maja.