7 Trik Beli Rumah dengan KPR

Kredit rumah melalui KPR cukup diminati oleh masyarakat di Indonesia. KPR memungkinkan Anda untuk memiliki rumah meski tidak dibayar secara penuh dan angsurannya yang bisa disesuaikan berdasarkan kemampuan finansial. Bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan KPR, berikut ada lima trik yang bisa diterapkan agar bisa mendapatkan rumah impian dan KPR tetap berjalan lancar.

Tanyakan segala hal tentang rumah tersebut

Pepatah mengatakan untuk teliti sebelum membeli. Hal ini juga berlaku ketika membeli rumah dengan menggunakan KPR. Agar tidak salah pilih, sebaiknya Anda perlu menanyakan segala hal tentang rumah tersebut ke pihak developer. Misalnya tentang kejelasan harga, berapa jumlah uang muka, hingga cicilan per bulan termasuk tanda jadinya.

Hal lain yang perlu Anda tanyakan juga adalah apakah rumah itu telah selesai dibangun atau baru dibangun setelah Anda membayarkan sebagian uang muka. Memastikan ukuran melalui sebuah denah tidak ada salahnya pula untuk dilakukan. Cek juga fasilitas apa saja yang akan Anda peroleh di rumah tersebut dan kawasan di sekitarnya hingga bagaimana proses KPR-nya.

Pilih KPR yang sesuai kebutuhan

Langkah selanjutnya adalah memilih KPR yang cocok untuk kebutuhanmu. Ada berbagai macam jenis KPR di Indonesia, misalnya seperti KPR konvensional, bersubsidi, syariah, pembelian, take over, berjenjang, hingga duo. Namun, untuk KPR terakhir ini sangat jarang ditawarkan di Indonesia.

Berbagai jenis KPR tersebut memiliki penawaran yang berbeda-beda. KPR konvensional, misalnya, menawarkan kemudahan pembayaran di awal lebih murah. Sementara KPR syariah cicilannya bersifat tetap sehingga pembayaran lebih ringan. Anda juga perlu mempertimbangkan manakah dari beberapa jenis KPR tersebut yang sesuai dengan kondisi keuangan. Jangan sampai Anda mengalami kesulitan pembayaran di tengah jalan hanya karena salah memilih KPR.

Memilih jumlah DP

Sebelum KPR Anda disetujui oleh bank, sebaiknya jangan membayar DP rumah ke developer. Bayarlah DP ketika permohonan KPR Anda telah disetujui oleh pihak bank. Jumlah besaran DP saat ini bervariasi, Anda perlu menghitung terlebih dahulu berapa besaran DP dengan seksama dan teperinci.

Setelah itu, Anda dan pihak developer melakukan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB). Saat menandatangain perjanjian ini, amati dan perhatikan dengan teliti poin-poinnya.

Mintalah garansi bangunan

Sebagai pembeli, Anda berhak untuk mendapatkan garansi kepada pengembang. Sama halnya seperti penandatanganan kontrak perjanjian, sebaiknya garansi dibuat dalam bentuk tertulis. Apabila perjanjian garansi bangunan hanya dilakukan melalui lisan, tidak ada bukti otentik di mata hukum jika di kemudian hari terjadi masalah.

Garansi yang ditawarkan pihak pengembang bermacam-macam. Garansi ini akan sangat membantumu nanti, jika ada kerusakan bukan karena faktor kesengajaan pemilik, pihak pengembang harus memperbaikinya. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan oleh Citra Maja Raya, yang memberikan garansi selama tiga bulan.

Memilih developer tepercaya dan berpengalaman

Memilih developer untuk membeli rumah dengan KPR adalah hal yang perlu diperhatikan. Untuk itu, Anda perlu memilih developer tepercaya dan memiliki pengalaman serta reputasi yang baik. Biasanya pihak developer tepercaya akan membantu Anda dalam mengurus proses pengajuan KPR.

Jika masih awam dalam bidang properti, Anda bisa menanyakan dengan pakar properti. Dari situlah mereka akan menyarankan mana developer yang memiliki reputasi baik. Di Indonesia, salah satu developer yang sudah pasti bisa Anda percaya adalah Ciputra Group.

Kini Ciputra Group menghadirkan Citra Maja Raya, sebuah proyek kota baru terpadu seluas 2600 Hektare dengan segala kemudahan akses transportasi massal, didukung dan sudah dilengkapi dengan kereta Commuter line, rel double track, dan sarana stasiun yang lebih modern dan nyaman.

Pastikan lokasinya strategis

Jangan hanya tergiur harga murah saat membeli rumah dengan KPR. Pastikan rumah tersebut juga berada di lokasi strategis agar Anda bisa mudah mengakses berbagai fasilitas publik. Citra Maja Raya, misalnya berasa di lokasi strategis Maja, bagian barat Jakarta.

Sementara bila dari Jakarta Pusat, lokasi Citra Maja Raya dapat ditempuh sekitar 90 menit dengan menggunakan KRL dari stasiun Tanah Abang. Kemudian turunlah di Stasiun Maja, lokasi stasiun ini sangat dekat dari gerbang utama Citra Maja Raya.

Sesuaikan jumlah cicilan dengan kemampuan finansial

Tujuan dari KPR adalah mempermudah Anda dalam membeli rumah. Oleh sebab itu, pastikan agar cicilan yang harus Anda bayar sesuai dengan kemampuan finansial. Jangan sampai memberatkan Anda. Jangan segan bertanya kepada pengembang terkait skema pembayara. Jika membeli rumah di Citra Maja Raya, cluster terbaru yang bisa dipilih adalah Sanur.

Harga dan cicilan yang ditawarkan cukup terjangkau. Semisalnya untuk Cluster Sanur, harga yang ditawarkan mulai dari Rp 168 Juta, dengan cicilan mulai dari Rp 1 Juta-an. Harga ini sudah termasuk PPN, dan Biaya Surat AJB BPHTB

Tidak hanya menawarkan kemudahan dalam akses transportasi, Citra Maja Raya juga menghadirkan fasilitas skala kota dalam kawasan. Saat ini tengah dikembangkan area CBD, sarana edukasi, dan area rekreasi untuk keluarga di tengah kota EcoPark, EcoPlaza, Sport Club, dan water park. Bahkan, fasilitas komersial berupa minimarket, klinik kesehatan, shuttle bus, restoran saat ini telah dibuka.

Membeli rumah dengan KPR kini tak lagi susah, bukan? Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kantor pemasaran kami via telepon di nomor 0800-1552-888 (bebas pulsa).