Agar Impian Beli Rumah Terwujud, Ikuti 6 Tips Ini

Hampir setiap orang mempunyai impian beli rumah sendiri. Kemampuan membeli rumah sendiri tidak hanya menunjukkan kemantapan kondisi finansial, namun juga dibutuhkan untuk hidup nyaman. Masalahnya, tak semua orang bisa segera mewujudkan impian tersebut, terutama karena faktor kurangnya dana. Lantas, bagaimana Anda bisa membuat impian beli rumah terwujud? Yuk, simak dan ikuti enam tips di bawah ini!

Tentukan rumah impian Anda

Mulailah langkah mewujudkan mimpi Anda membeli rumah dengan menentukan rumah seperti apa yang Anda inginkan. Pikirkan juga berapa jumlah kamar dan ruangan apa saja yang kira-kira Anda butuhkan, di daerah mana Anda ingin tinggal, hingga perlukah rumah impian tersebut memiliki garasi untuk mengamankan kendaraan yang Anda miliki. Dengan mengetahui seperti apa rumah impian Anda secara spesifik, akan lebih mudah bagi Anda untuk merencanakan anggaran secara lebih detail. Hal ini dapat membantu mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan.

Sisihkan uang per bulan

Setelah Anda memiliki gambaran spesifik mengenai rumah impian, kini saatnya Anda menyisihkan uang per bulan. Menyisihkan uang perlu Anda lakukan untuk merealisasikan target memiliki rumah yang Anda inginkan. Tidak perlu besar, yang penting Anda konsisten menyisihkan uang dalam nominal tertentu setiap bulannya. Besaran nominal tentu saja disesuaikan dengan harga rumah impian yang Anda inginkan. Tentukan juga target waktu menabung untuk membeli rumah tersebut. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui berapa jumlah dana yang harus Anda kumpulkan per bulan.

Perhatikan kondisi finansial

Mengumpulkan uang sebesar harga rumah impian memang bisa dilakukan. Namun, bukan berarti Anda perlu memaksakan diri. Bila rumah impian Anda dirasa terlalu berlebihan untuk kondisi finansial Anda sekarang, Anda bisa memperhatikan jumlah dana yang berhasil Anda kumpulkan dan mengumpulkan opsi rumah-rumah yang bisa Anda dapatkan melalui dana tersebut. Tidak perlu memaksakan diri untuk membeli rumah dengan harga yang di luar kemampuan finansial Anda. Perhatikanlah kondisi finansial Anda agar dapat membeli rumah dengan nyaman.

Tentukan lokasi hunian

Tidak hanya jenis hunian yang penting Anda perhatikan, lokasi hunian juga demikian. Anda perlu mempertimbangkan lokasi hunian sebelum membeli rumah dan memerhatikan ketersediaan fasilitas di sekitar hunian hingga kondisi lingkungannya. Lokasi sendiri merupakan aspek yang sangat penting untuk diperhitungkan karena dapat memengaruhi pengeluaran Anda ke depan. Rumah yang berlokasi terlalu jauh dari pusat kota dan jarang dilalui kendaraan umum tentu saja akan membuat Anda dan keluarga terpaksa mengeluarkan uang ekstra setiap harinya. Jadi, sebaiknya pilihlah rumah yang lokasinya strategis sehingga Anda bisa lebih nyaman saat harus beraktivitas di luar rumah.

Pilih jenis pembayaran yang Anda inginkan

Proses membeli rumah saat ini bisa dilakukan lebih mudah dengan bantuan kredit dari bank. Tetapi, membeli rumah dengan cara tunai juga bisa Anda lakukan apabila tabungan sudah mencukupi. Kedua jenis pembayaran tersebut tentu saja mempunyai kelebihannya masing-masing. Membeli rumah secara tunai membuat Anda tidak perlu memikirkan biaya cicilan rumah setiap bulan. Sedangkan pembayaran kredit membantu Anda yang masih memiliki keterbatasan biaya. Sebaiknya, pilihlah jenis pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Pertimbangan KTA

Untuk dapat membeli rumah impian Anda, Anda juga bisa mempertimbangkan KTA (Kredit Tanpa Agunan). Cara ini merupakan salah satu alternatif saat Anda berniat membeli rumah sendiri dalam waktu dekat. KTA yang memungkinkan Anda memperoleh pinjaman uang tanpa jaminan dapat membantu Anda mewujudkan mimpi membeli rumah impian. Namun, Anda tetap harus memperhatikan kemampuan finansial Anda. Bila cicilan KTA dirasa memberatkan, sebaiknya jangan ajukan KTA dan kumpulkan uang dengan menabung terlebih dulu.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan mimpi beli rumah impian. Untuk Anda yang masih mencari hunian impian terbaik, Anda bisa mempertimbangkan Citra Maja Raya yang merupakan proyek Kota Baru Terpadu yang dibangun oleh Grup Ciputra di Maja, Barat Jakarta. Proyek seluas 2.600 hektar ini menawarkan hunian-hunian terbaik dengan harga terjangkau yang bisa Anda pertimbangkan.